Macro Security pada Excel 2010 / 2007

Macro Security pada Excel 2010 / 2007

by Aurino Djamaris

 Untuk mengatur keamanan makro di Excel 2010 atau Excel 2007, lakukan langkah-langkah berikut.

1. Klik pada Macro Security.


2. Dalam Pengaturan ini Anda memiliki empat pilihan. Pilihan pertama akan menonaktifkan semua macro. Pilihan kedua akan selalu meminta Anda untuk mengaktifkan makro. Pilihan ketiga hanya akan memungkinkan macro dengan digital signature (tanda tangan digital) untuk menjalankan. Pilihan keempat akan memungkinkan semua macro.


Saran saya adalah menggunakan tingkat keamanan kedua jika Anda banyak men-download file Excel dari internet. Dengan tingkat keamanan Anda selalu dapat menonaktifkan makro jika Anda tidak percaya kepada pemilik dari file Excel yang mengandung makro. Gunakan tingkat keamanan keempat jika Anda seorang pemula dan hanya mengetik macro Anda sendiri pada saat ini. Dengan tingkat keamanan Anda tidak harus mengaktifkan macro sepanjang waktu.

Macro Security pada Excel 2003

 Sebelum Anda mulai penggunaan makro pada Excel 2003, maka pastikan bahwa pengaturan makro Anda keamanan ditetapkan dengan tepat. Mungkin tidak akan terjadi hal-hal buruk akan terjadi pada sistem Anda, tetapi ada kemungkinan bahwa makro mengandung virus.

1. Klik pada Tools, Macro, Security.


2. Di sini Anda memiliki empat pilihan. . Very High (Sangat Tinggi) akan menonaktifkan semua macro, kecuali makro Anda yang telah disimpan dalam folder tertentu. High (Tinggi) hanya akan memungkinkan macro yang ditandai oleh sumber terpercaya diakui. Medium (Menengah) akan memungkinkan Anda untuk memutuskan apakah menjalankan makro atau tidak. Low (Rendah) akan memungkinkan semua macro.


Saran saya adalah untuk menggunakan tingkat medium jika Anda banyak men-download file Excel dari internet. Tingkat keamanan memungkinkan Anda untuk menonaktifkan makro jika Anda tidak percaya kepada sumber dari file Excel. Anda dapat menggunakan tingkat Low jika Anda hanya membuat macro Anda sendiri pada saat ini. Dengan tingkat keamanan ini Anda tidak harus mengaktifkan macro sepanjang waktu.

 

Sumber: Microsoft – http://office.microsoft.com/en-gb/excel-help/change-macro-security-settings-in-excel-HP010342232.aspx?CTT=1


 

Share

2 comments for “Macro Security pada Excel 2010 / 2007

  1. Candlelin Sen
    October 5, 2012 at 12:18 pm

    *Salam Sejahtera,

    saya Pendatang baru di sini.

    Saya sering mendengar/membaca tentang Macro and VBA,

    Tapi saya tidak pernah bisa mengerti apa itu Macro dan kegunaan Macro beserta Vba itu.

    Saya juga ada Bingung cara membuat macro dan Vba

    Mohon pencerahannya.

    Salam

    Candlelin

    • October 21, 2012 at 12:24 am
      Makro adalah sederetan perintah dan fungsi excel yang direkam atau dituliskan serta disimpan untuk nantinya dijalankan lagi.
      ATAU
      Macro adalah deretan instruksi yang mengijiknan Anda membuat Excel melakukan perintah-perintah atau aksi-aksi untuk Anda. Macro sangat berguna untuk tugas-tugas yang kompleks dan berulang-ulang dan dilakukan secara regular.

      Macro juga dapat merekam kinerja Keyboard dan juga Mouse. penggunaanya cukup dengan menjalankan script tersebut untuk melakukan pekerjaan yang sama. dengan menggunakan aplikasi tersebut, pekerjaan yang banyak cukup digunakan sekali saja.

      Sedangkan VBA atau Visual Basic Application, di desain untuk berjalan diatas aplikasi tersebut. Meskipun masih dalam keturunan Bahasa pemrograman Visual Basic, VBA hanya bisa dijalankan diatas aplikasi (misalnya applikasi EXCEL, WORD, OUTLOOK,POWERPOINT DLL). atau lebih jelasnya VBA hanya menumpang pada sebuah wadah. berbeda dengan Visual Basic yang kita kenal, yang mampu berdiri sendiri. dan mampu membuat aplikasi sendiri.

Leave a Reply