Cara lain Menggunakan Name Range dalam Fungsi Excel

Pada contoh di bawah ini kita mencoba menggunakan name range sebagai alamat untuk referensi yang dipergunakan dalam fungsi-fungsi excel seperti SUM( ), AVERAGE( ) dan sebagainya.

Pada umumnya penggunaan name range hanya dibatasi dengan koma, nama dalam hal ini kita memakai banyak range dengan dibatasi dengan spasi.

Buat data seperti yang terlihat pada screen shot di bawah ini dan beri nama masing-masing kolom sesuai dengan nama kolomnya. (lihat Bagaimana menggunakan Named Range?) . Dalam contoh di bawah saya menggunakan nama judul kolom (mis. SALES_Oct_2009)

 

  1. Untuk jumlah semua sales pada bulan oktober 2009 kita menggunakan rumus =SUM(SALES_Oct_2009) dan =SUM(SALES_Oct_2008) untuk oktober 2008
  2. Untuk jumlah sales semua mobil dengan awalan huruf M (Maserati *, Maybach *, Mazda Motor of America Inc, Mercedes-Benz, Mini *, dan Mitsubishi Motors N A, Inc.) kita gunakan rumus: =SUM(M_Manu SALES_Oct_2009) dan =SUM(M_Manu SALES_Oct_2008)
  3. Sedangkan rata-rata penjualan maka kita gunakan rumus =AVERAGE(M_Manu SALES_Oct_2009) dan =AVERAGE(M_Manu SALES_Oct_2008)

Kesimpulan: Jika kita menggunakan 2 nama range sebagai referensi dalam rumus maka yang dihitung atau dimasukkan ke dalam rumus adalah angka-angka yang ada dalam perpotongan kedua name range tersebut.

Contoh File : NamaRange-Pakai-Spasi.xlsx

Daftar nama range yang dipergunakan dalam worksheet ini:

Share

5 comments for “Cara lain Menggunakan Name Range dalam Fungsi Excel

  1. February 4, 2010 at 4:54 pm
    Nice info. Ilmu baru nih. Makasih ya.
  2. yulius
    July 13, 2011 at 11:25 am
    saya senang dengan ada nya penjelasan excel dari blog ini.
    saya mau nanya …
    1. bagaimana menulis formula untuk :
    misal :letak date time pada cell A1
    jika input data dari kolom A2 – A50 telah terpenuhi atau telah dinyatakan input pada range tersebut telah di tutup(selesai meskipun dari range tersebut ada beberapa cell yang nilai ya kosong.)

    2. bagaimana mengolah inputan
    misal cell2 a2 b2 c2 d2 e2 f2 g2 h2 i2 j2 k2
    jika cell tersbt di inputkan nilai tetapi berbeda bulan
    dan pada cell a1 diketik bulan ( waktu pengisian cell) maka pada cell k2 hanya kan menjumlahkan atau me rata rata cell yang di inputkan pada cell a1

    terima kasih mas atas bantuannya

  3. andri
    September 18, 2011 at 3:11 pm
    Mau tanya, kasus begini :
    kita sudah buat name CONTOH nah suatu saat kita ingin buat fungsi =vlookup(b2;CONTOH;3) pada saat seperti ini tidak maslah, vlookup bs mencari kolom ke 3, misalkan kita menginginkan name COntoh tadi tidak langsung ditulis tetapi mengambil cell f4 misal…=Vlookup(b2;f4;3) bagaimana caranya agar isi dari f4 itu dianggap name oleh vlookup ( karena ketika saya tulis CONTOH di f4 fungsi lookup menganggap f4 tersebut bukan name CONTOH tetapi sebagai karakter CONTOH..bagaimana menjadikan kata CONTOH di f4 itu bisa dianggap sebuah fungasi sebagai bentuk name..terima kasih
    • September 22, 2011 at 9:46 am
      Dear Andri,

      Untuk menyatakan bahwa kita menggunakan isi suatu sel sebagai referensi kita gunakan Indirec().

      Jadi dalam hal rumus Vlookup(b2,f4,3) kita harus tambahkan vlookup(b2, INDIREC(F4),3).

      yang oleh excel akan dibaca vlookup(b2, contoh,3).

      Selamat bereksperimen.

Leave a Reply