Excel Math Function

RoundRoundUpRoundDownCeilingFloorEvenOddIntAbsCountifRandRandbetweenROMANSignSumSumif

Fungsi Round

  • Setahu saya, Fungsi Round dalam Excel adalah fungsi yang paling banyak dipakai oleh pengguna software office automation. Sintaks formula ini adalah =ROUND(number,number of digits), number berarti bilangan/angka (yang bisa merupakan angka atau formula/rumus) dan “number of digits” adalah angka dibelakang decimal yang dikehendaki. Sebagai contoh, =ROUND(1/8,2) akan menghasilkan 0.13. Rumus ini banyak berguna dalam bidang keuangan terutama nilai transaksi.

 

Rumus

Hasil

=ROUND(234/8,2)

  

29.25

=ROUND(234/8,0)

  

29

=ROUND(234/8,-1)

  

30

 

Catatan, jika ingin membulatkan ke puluhan, ratusan atau ribuan dan seterusnya mana, parameter ke dua dalam fungsi round adalah “angka negative”. Sebagai contoh -2 dalam contoh pembulatan 1000 dibagi 3 yaitu =ROUND(1000/3,-2), hasilnya adalah nilai 300.

 

Fungsi RoundUp dan RoundDown

Fungsi Lainnya

 

 

 

 

  • Fungsi Sign adalah fungsi untuk mengetahui apakah angka/hasil perhitung formula angka positif atau angka negatif atau nol. didepan sebuah angka. Rumusnya adalah =SIGN(number), parameter “number” adalah angka/rumus yang ingin diketahui apakah positif, negative atau nol. Hasil formula tsb di atas adalah 1 jika “positif
    , 0 jika angka nol, dan -1 jika angkanya negatif.

 

 

Share

1 comment for “Excel Math Function

  1. wisnu samino
    July 20, 2012 at 3:23 pm
    • *Thanks Gan

Leave a Reply