Menghitung Data yang Cocok Dengan Beberapa Kriteria

Menghitung jumlah data dalam sebuah table yang memenuhi satu syarat cukup mudah; akan tetapi jika anda ingin menghitung jumlah data yang memenuhi dua atau lebih criteria, maka perlu cara yang agak sulit. Dalam tip ini kita mencoba lima cara untuk menghitung jumlah data yang memenuhi beberapa criteria. (untuk Ms Excel 97, Excel 2000, Excel 2002, Excel 2003, Excel 2007.)

Memang tidak umum bagi berbagai pengguna Excel untuk menggunakannya sebagai perhitungan database. Sebagai contoh: misalnya kita memilihi database tentang daftar nilai mahasiswa, atau daftar pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan contoh ini, kita dapat menghitung misalnya berapa jumlah mahasiswa yang lulus untuk mata pelajaran matematika dan bahasa inggris, atau jumlah pelanggan yang pembeliannya diatas 1 jt dan membeli produk tertentu (criteria yang digunakan lebih besar sama dengan 2)

Excel memeliki sejumlah fungsi yang cukup baikdalam menentukan jumlah data (record) dalam sebuah daftar (table). Akan tetapi, bagaimana cara menggunakannya untuk menyelesaikan soal yang memiliki dua criteria atau lebih tidaklah begitu jelas. Misalnya kita mencoba melihat berapa mahasiswa yang lulus Matematika dan English dari daftar di bawah ini dengan syarat nilai kelulusan adalah 50 keatas untuk matematika dan 50 ke atas untuk English.

Hasilnya adalah 2 karena yang memiliki nilai matematika > 50 adalah 2 orang dan sedangkan English >50 3 orang, tapi yang memenuhi syarat Matematika >50 dan English >50 adalah 2 orang.

Caranya adalah (klik untuk melihat caranya):

  1. Menggunakan DCOUNTA
  2. Menggunakanan Rumus Deret
  3. Menggunakan SUMPRODUCT
  4. Menggunakan Autofilter dan SUBTOTAL
  5. Menggunakan Conditional Sum Wizard
Share

5 comments for “Menghitung Data yang Cocok Dengan Beberapa Kriteria

  1. October 3, 2009 at 7:48 pm
    [...] data dengan kriteria banyak atau lebih dari 1 (lihat datanya disini) adalah dengan menggunakan Conditional Sum Wizard. (Conditional Sum Wizard dapat diaktifkan melalui [...]

Leave a Reply