Menghitung NPV, IRR, xNPV dan xIRR dng Excel

Menghitung NPV, IRR, xNPV dan xIRR dng Ms Excel

  1. NPV (Net Present Value)
    NPV adalah selisih antara present value dari investasi dengan nilai sekarang dari penerimaan-penerimaan kas bersih di masa yang akan datang. Untuk menghitung nilai sekarang perlu ditentukan tingkat bunga yang relevan.
  2. IRR (Internal Rate of Return)
    Metode IRR ini digunakan untuk mencari tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang
    dari arus kas yang diharapkan di masa datang, atau penerimaan kas, dengan mengeluarkan investasi awal. Caranya, dengan menghitung nilai sekarang dari arus kas
    suatu investasi dengan menggunakan suku bunga yang wajar, misalnya 10 %. kemudian
    di bandingkan dengan biaya investasi, jika nilai investasi lebih kecil, maka di coba lagi
    dengan penghitungan suku bunga yang lebih tinggi demikian seterusnya sampai biaya
    investasi menjadi sama besar. Apabila dengan suku bunga wajar tadi nilai investasi lebih
    besar, maka harus di coba lagi dengan suku bunga yang lebih rendah sampai
    mendapatkan nilai investasi yang sama besar dengan nilai sekarang.

File Excel contoh perhitungan dapat di download disini

Some NPV resources


Hitung NPV dan IRR

Share

52 comments for “Menghitung NPV, IRR, xNPV dan xIRR dng Excel

  1. amir
    November 27, 2008 at 9:15 am
    Terimakasih ini sangat bermanfaat
    Puji Allah…
  2. kamal hakim
    April 24, 2009 at 1:22 am
    Terima kasih,
    semoga Allah memuliakan anda karena ilmu
    • Hendra
      November 28, 2011 at 11:22 am
      Terima kasih sudah berbagi ilmu. Semoga bermanfaat. Amin.
  3. une sasmmita
    November 20, 2009 at 12:55 pm
    terima kasih atas sharing ilmunya. tapi saya pusing
    • November 23, 2009 at 12:27 am
      @une: pusing yang mana? .. kalau perlu minum obat ya
  4. Adhi MAC
    May 22, 2010 at 6:26 am
    Terima kasih atas sharing ilmunya.

    Kalau investasi nya dilakuka dua kali (di awal tahun ke-0 dan ekspansi di tahun ke-2 misalnya), cara menghitung NPV nya bagaimana?

    thanks

    • May 22, 2010 at 10:51 pm
      Pakai xNPV dan tinggal masukkan nilai negatif pada awal tahun dan nilai negatif pada tahun ke dua
      coba lihat contoh ini
      XNPV(rate,values,dates)


      Tanggal CashFlow
      1-Jan-08 -5,000
      1-Mar-08 2,750
      1-Apr-08 -5,000
      30-Oct-08 4,250
      15-Feb-09 3,250
      1-Apr-09 2,750

      NPV -1480.532967
      =XNPV(.09,F10:F15,E10:E15)

      IRR 45%
      =XIRR(F10:F15,E10:E15,0.9)

  5. lidya
    July 8, 2010 at 10:44 am
    Kalo 13% dapet dari mana ya?
    Maaf soalna q baru belajar,hehehe…
    • July 11, 2010 at 12:57 am
      13% dalam worksheet NPV adalah nilai dugaan kita … angkanya terserah. Biasanya angka tersebut mengikuti Suku Bunga Berlaku.
      • August 20, 2010 at 10:26 am
        Untuk discount factor NPV, Anda bisa menggunakan WACC..tergantung nanti komponen dan komposisi modal Anda
  6. marhen
    July 19, 2010 at 1:24 pm
    bagaimana (dengan excel) menghitung IRR tahunan berdasarkan arus kas bulanan, apakah tinggal dikalikan 12 (*12) atau ada yang lain , thanks yaa
    • July 23, 2010 at 11:22 am
      Contoh:

      bulan 1-12 -125,000
      bulan 13-24 +75,000
      bulan 25-36 +75,000
      bulan 37-48 +75,000
      bulan 49-60 +75,000
      Maka
      A1 tulis 1/1/02
      di A2 tulis =DATE(YEAR(A1),MONTH(A1)+1,1)
      copy down sampai A60

      dikolom B1 s/d B60 tulis cashflownya

      maka rumusnya adalah adalah

      =XIRR(B1:B60,A1:A60,SIGN(SUM(B1:B60))*0.1)
      =47.1899%

  7. siskaverra
    July 21, 2010 at 10:35 am
    jika kita ingin menginvestasikan aset yg telah di bangun senilai 12,9 M kepada pihak lain selama 5 tahun, berapa tingkat pengembalian investasi yang layak untuk hal tsb. tks
    • July 23, 2010 at 11:25 am
      Siska: “jika kita ingin menginvestasikan aset yg telah di bangun senilai 12,9 M kepada pihak lain selama 5 tahun, berapa tingkat pengembalian investasi yang layak untuk hal tsb. tks”

      Maaf agak bingung pertanyaannya. Karena harus umur aset, dll

    • August 20, 2010 at 10:30 am
      Return ratenya ditentukan oleh banyak faktor, Mbak Siska..misalkan saja jenis asetnya, biaya yang dibebankan kepada pihak lain, market price, et cetera. ^_^
  8. August 8, 2010 at 4:54 am
    salam kenal kalo bisa bantu saya, saya ingin menanyakan nihh..
    sebuah perusahaan akan melakukan penambahan investasi berupa pengadaan mesin baru seharga Rp. 35.000.000,- mesin tersebut diperkirakan memiliki umur ekonomis 8 thn, nilai residu (salvage value) Rp. 3.000.000,- adanya mesinbaru tersebut diperkirakan akan menghasilkan tambahan pendapatan dan biaya sebagai berikut :

    thn tambahan penjualan tambahan biaya usaha
    1 Rp. 26.000.000 Rp. 15.000.000
    2 Rp. 17.500.000 Rp. 12.000.000
    3 25.000.000 20.000.000
    4 20.000.000 16.000.000
    5 20.000.000 10.000.000
    6 18.000.000 11.000.000
    7 25.000.000 15.000.000
    8 17.500.000 12.000.000

    apabila pajak persen 50% dan discount rate 20%
    ditanya apa investasi tersebut idterima berdasarkan :
    a. metode average rate of return
    b. metode payback period
    c. metode net precent value
    d. metode internal rate of return
    e. metode pfofitabilitas indeks
    tolong bantu saya pak atau ibu, karena saya kurang paham dan tolong beri jawabannya…
    atas bantuanya makasih bnyk ya pak…..

  9. August 8, 2010 at 5:02 am
    salam kenal pak.. kalo bisa bantu saya dong,

    saya ingin menanyakan nihh..
    sebuah perusahaan akan melakukan penambahan investasi berupa pengadaan mesin baru seharga Rp. 35.000.000,- mesin tersebut diperkirakan memiliki umur ekonomis 8 thn, nilai residu (salvage value) Rp. 3.000.000,- adanya mesinbaru tersebut diperkirakan akan menghasilkan tambahan pendapatan dan biaya sebagai berikut :

    thn tambahan penjualan tambahan biaya usaha
    1 Rp. 26.000.000 Rp. 15.000.000
    2 Rp. 17.500.000 Rp. 12.000.000
    3 Rp. 25.000.000 Rp. 20.000.000
    4 Rp. 20.000.000 Rp. 16.000.000
    5 Rp. 20.000.000 Rp. 10.000.000
    6 Rp. 18.000.000 Rp. 11.000.000
    7 Rp. 25.000.000 Rp. 15.000.000
    8 Rp. 17.500.000 Rp. 12.000.000

    apabila pajak persen 50% dan discount rate 20%
    ditanya apa investasi tersebut idterima berdasarkan :
    a. metode average rate of return
    b. metode payback period
    c. metode net precent value
    d. metode internal rate of return
    e. metode pfofitabilitas indeks
    tolong bantu saya pak, karena saya kurang paham dan tolong beri jawabannya…
    atas bantuanya makasih bnyk ya pak…..

  10. August 9, 2010 at 12:45 am
    salam kenal pak.. kalo bisa bantu saya dong,

    saya ingin menanyakan nihh..
    sebuah perusahaan akan melakukan penambahan investasi berupa pengadaan mesin baru seharga Rp. 35.000.000,- mesin tersebut diperkirakan memiliki umur ekonomis 8 thn, nilai residu (salvage value) Rp. 3.000.000,- adanya mesinbaru tersebut diperkirakan akan menghasilkan tambahan pendapatan dan biaya sebagai berikut :

    thn tambahan penjualan tambahan biaya usaha
    1 Rp. 26.000.000 Rp. 15.000.000
    2 Rp. 17.500.000 Rp. 12.000.000
    3 Rp. 25.000.000 Rp. 20.000.000
    4 Rp. 20.000.000 Rp. 16.000.000
    5 Rp. 20.000.000 Rp. 10.000.000
    6 Rp. 18.000.000 Rp. 11.000.000
    7 Rp. 25.000.000 Rp. 15.000.000
    8 Rp. 17.500.000 Rp. 12.000.000

    apabila pajak persen 50% dan discount rate 20%
    ditanya apa investasi tersebut idterima berdasarkan :
    a. metode average rate of return
    b. metode payback period
    c. metode net precent value
    d. metode internal rate of return
    e. metode pfofitabilitas indeks
    tolong bantu saya pak, karena saya kurang paham dan tolong beri jawabannya…
    atas bantuanya makasih bnyk ya pak…..

  11. YOPI
    September 2, 2010 at 1:39 pm
    Pak, tolong ada kasus biaya awal 1jt
    arus kas bersih th1 100rb, th2 0, th3 500rb, th4 500rb dan tahun 5 1400 rb.

    tingkat diskon 12 persen menjadi 1.378.720, menurut di buku IRRnya 20.3%.

    saya bingung dapat 1.378.720 dan IRRnya
    Mohon bantuannya, trims

  12. IWAN
    November 1, 2010 at 3:38 pm
    tanya dong, dengan data-data berikut:

    tahun value
    0 -12.600.000
    1 -37.471.986
    2 -25.969.612
    3 50.507.502
    4 29.028.101
    5 6.912.960

    saya hitung dengan rumus NPV di excel hasilnya -5.409.155 (tingkat bunga 10% ).. Karena hasilnya negatif maka proyek tdk layak dijalankan.. apa benar? Padahal kalau seluruh value /CF tsb dijumlah masih ada laba /surplus 10.406.969..

    Mohon bantuan dan penjelasannya .. Terimakasih.

  13. eko_yulianto
    November 8, 2010 at 8:42 am
    Mas sy mau tanya…jika saya ingin tahu…nilai nominalnya perhitungan IRR sampai dengan jatuh tempo atau tahun berjalan..gimana caranya? dan perhitungan excellnya…butuh banget nih…buat kebutuhan akunting kantor….terima kasih
  14. asep
    November 30, 2010 at 12:44 pm
    lama amat jawabnya … bos..:-( dah basi pertanyaannya ..:D)
  15. sadar
    February 14, 2011 at 3:02 pm
    baru ku tahu, ternyata ilmu itu memang mahal…..
  16. sadar
    February 14, 2011 at 3:04 pm
    baru ku tahu, ternyata ilmu itu memang mahal….
  17. Roby
    June 13, 2011 at 10:15 am
    Salam kenal,

    Langsung Mas aja saat ini saya sedang mengolah data penelitian dengan menggunakan discount factor (NPV, IRR, B/C ratio) dan non discount factor (BEP, ROI, PP.) dapatkah saya dibantu dengan aplikasi excel untuk kedua factor tersebut ? Tolong yach dikirim via e-mail. Terima Kasih sebelumnya…

  18. Roby
    June 21, 2011 at 12:19 pm
    Dengan hormat,

    Mas langsung aja saya mau minta tolong lagi tentang analisis sensitivitas, laua bisa dibantu aplikasi dan penjelasannya.
    Terima kasih.

    Hormat,

    Roby

  19. Tika
    October 15, 2011 at 9:34 pm
    pak bisa memberikan saya contoh penghitungan NPV dan IRR tapi bukan dalam btk excel ? trims
    • yuni
      October 21, 2011 at 5:42 pm
      1. Perusahaan merencanakan akan melakukan investasi baru,diperkirakan investasi tersebut memerlukan biaya sebesar Rp225 juta. Diperkirakan umur ekonomis dari investasi adalah 5 tahun dan nilai sisanya adalah 40 juta.Diharapkan tiap tahunnya akan menghasilkan kas masuk bersih sebesar Rp 50 juta.bagaimana cara menghitung payback periode dari rencana investasi tersebut.
      2. Suatu investasi memerlukan nilai investasi sebesar Rp 60.000.000,00,dan umur ekonomis investasi tersebut diperkirakan 4 tahun, sedangkan rata – rata taksiran laba setelah pajak pertahunnya adalah Rp 15 Juta.Berapakah IRR dari investasi tersebut. (metode penyusutan yang digunakan adalah garis lurus)

      Ditunggu jawabannya secepatnya ya…

      • October 21, 2011 at 10:50 pm
        Untuk menjawab Mbak Ari Yuni maka saya lampirkan file excelnya
        Discount Cash Flow
      • Laurin
        October 13, 2012 at 1:33 pm

        *

      • Laurin
        October 13, 2012 at 1:34 pm
        Suatu investasi memerlukan nilai investasi sebesar Rp 60.000.000,00,dan umur ekonomis investasi tersebut diperkirakan 4 tahun, sedangkan rata – rata taksiran laba setelah pajak pertahunnya adalah Rp 15 Juta.Berapakah IRR dari investasi tersebut. (metode penyusutan yang digunakan adalah garis lurus)
        Cara penyelesaiannya gimana??
        • October 21, 2012 at 12:12 am
          Tanpa perhitungan dengan kalkulator maupun excelpun sudah dapat diketahui IRRnya 0%

          kalau mau pakai rumus excel maka buatlah deret sbb:
          B C D E F
          2 0 1 2 3 4
          3 -60000 15000 15000 15000 15000

          =IRR(b3:f3,10%)
          hasilnya adalah 0%

    • Nur hasanah
      February 15, 2013 at 9:07 pm

      *suatu perusahaan sedang mempertimbangkan proyek senilai Rp112.500.000, umur proyek diperkirakan 5 th tanpa nilai sisa, arus kas yang dihasilkan th 1 Rp45.000.000 ,th 2 Rp37.500.000 th 3 Rp30.000.000, th 4 Rp22.500.000, th 5 Rp15.000.000. Tingkat suku bunga 15%. Berapa Net Present Velnue

  20. santoso
    October 22, 2011 at 4:42 pm
    Selamat sore !
    Blog ini sungguh sangat membantu kami yang sedang studi lanjut manajemen transportasi.
    Saya sedang mengolah data rencana investasi sbb :

    1. Investasi awal 300M selama 3 tahun mendatang (dari pinjaman dengan bunga = 3.75%/tahun dalam jangka waktu 5 tahun dengan grace periode 3 tahun)
    2. Maintenance = 10M/tahun (stlah operasi)
    3. Pendapatan 70M/tahun, naik 5%/tahun

    bagaimana NPV & IRR pada i = 6% dan i = 6.5%?

    Terimakasih !

    • October 22, 2011 at 9:52 pm
      Untuk Pak Santosa, Informasi yang diberikan masih kurang jelas.Sebagai contoh apakah proyek jalan tersebut langsung beroperasi setelah pinjaman atau berapa lama proyek tersebut baru bisa menghasilkan 70M. kedua apakah pembayaran dilakukan pada tahun ke empat sebesar 150M plus bunga sebanyak 2 kali atau masih bisa lanjut ke tahun ke 8 (mengingat tahun pinjaman 5 tahun).

      Tanpa info tersebut kita sulit menghitungnya.

      Kalau kita asumsikan bahwa pinjaman normal 300M dengan pendapatan 70 M selama 5 tahun perhitungan
      maka diperoleh:

      MCR 300
      NPV 6.0% 9
      BCR 1.03
      IRR 7%
      Payback 4 4.11
      Nilai Sisa 17.28

      lihat excel filenya:
      var docstoc_docid="100422530";var docstoc_title="Investasi transportasi";var docstoc_urltitle="Investasi transportasi"; Investasi transportasi -

  21. Kei
    November 27, 2011 at 11:00 pm
    Asw.
    Thankful for sharing this valuable sight, sir.
    Pak Aurino Bakrie School ya?
  22. eka
    February 23, 2012 at 11:08 pm
    Mas jika modalnya menggunakan pinjaman, awal angka intial yg dimasukkan merupakan modal sendiri atau gabungan dengan modal pinjaman?
    • February 26, 2012 at 11:36 am
      Tentunya seluruh modal yang digunakan baik yang berasal dari dalam maupun dari luar (modal sendiri, pinjaman dan hibah misalnya)
  23. Fitria
    March 24, 2012 at 1:56 pm
    Dear Aurino,

    untuk masalah perhitungan amortisasi pinjaman di bank, apakah bisa menggunakan perhitungan EIR, bukan IRR atau XIRR? karena setelah saya coba, nilai IRR dan EIR itu menghasilkan angka yang sama. saya sedikit bingung kapan saya harus menghitung dengan menggunakan EIR dan kapan menggunakan IRR atau XIRR.

    mohon bantuannya,

    terima kasih

  24. govian
    April 27, 2012 at 1:43 am
    salam kenal Mas..
    rumusan IRR yang manual gmana ya mas (rumusan matematika) biar bisa ngitung kalo gak pake komputer..
    gak ngerti maksud dari ” : ; ” yang ada di Excel..
    sebelumnya makasih banget..
  25. Ira rahmawati
    July 21, 2012 at 10:17 am

    * Saya bisa minta bantu untuk pembuktian perhitungan dari kasus proyek berikut ?

       Nilai investasi awal US$ 4 M, umur proyek investasi 25th, kapasitas normal  2 x 1000 MW.    Harga jual US$ 5,79 KWH. Asumsi yang digunakan adalah keuntungan didasarkan pada operasional sebesar 70% dari kapasitas normal. Nilai tukar sebesar Rp.8600. Maka apakah keuntungan, sesuai dengan yang disyaratkan sebesar US$ 700,36 juta/th

    Thanks

    • July 24, 2012 at 11:13 pm
      Maaf informasinya sangat kurang – misalnya investasi dikeluarkan semuanya pada tahun pertama atau tidak
      Listrik bisa diproduksi kapan (yang jelas tidak mungkin tahun pertama)
      biaya operasi berapa
      effisiensi pembangkit berapa dsb.

      kalau bisa lengkap bisa dihitungkan.

      kirim saja ke aurinodjamaris@gmail.com

  26. THS
    December 14, 2012 at 9:20 pm

    Masih bingung tapi karena tugasku harus menghitung NPV, dicoba coba ama aku, trimakasih banyak, semoga Tuhan membalas kabaikannya  atas ilmu yang telah dibagikan ke teman teman ini yaaaaaaa

  27. erlina
    January 10, 2013 at 8:40 pm

    saya minta bantu untuk hasil perhitungan dari kasus berikut

    mesin seharga $1000.000. Mesin akan di susut menggunakan aturan ACRS dan akan jatuh pada 3 year property class th 1 (25%) 2(38%) 3(37%). cost of capital 11% .umur mesin di perkirakan 3 tahun.Taxe rate 40%.ITC perusahaan memilih 6%, cash inflow tahunan 500.0000 ditanyakan Net present value!  atas jawban nya terimakasih ke ke email..erlina.imut 78@yahoo.co.id.

Leave a Reply